Jenis Kapal Berdasarkan Material yang Digunakan dalam Pembangunannya

Setelah sebelumnya kita telah mengenal apa itu Kapal, kali ini akan dibahas mengenai jenis jenis kapal berdasarkan material yang digunakan dalam pembangunannya.

Kapal Kayu

Kapal Kayu

Kapal kayu adalah kapal yang menggunakan kayu sebagai material utama, mulai dari lunas, gading - gading dan semua bagiannya. Pada umumnya kapal kayu di Indonesia di dominasi oleh kapal ikan.

Kapal Baja

Kapal Baja
Kapal baja adalah kapal yang konstruksinya menggunakan material baja. Pada umumnya kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las. Keuntungan sistem las adalah bahwa pembuatan kapal menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan konstruksi keeling. Material baja banyak dugunakan karena siafat baja yang bisa bertahan di kondisi extrim jika dibandingkan dengan material lainnya. Material baja pada kapal lebih mudah direparasi jika mengalami kerusakan. Misalnya kapal penumpang, kapal barang, dll.

Kapal Fiberglass

Kapal Fiberglass
Kapal fiberglass atau kapal serat gelas dalah kapal yang seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari fiberglass / FRP (Fibreglass Reinforced Plastics). Keuntungan menggukan fiberglass adalah karena material ringan. Namun hanya cocok digunakan pada pelayaran pantai. Banyak dipakai untuk pembuatan kapal ikan, kapal patrol dan kapal kapal lainnya berukuran sampai panjang 50m.

Kapal Aluminium

Kapal Aluminium
Kapal aluminium adalah kapal yang seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari aluminium. Karena materialnya yang ringan, maka biasanya digunakan untuk kapal - kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti crew boat, kapal patrol, pilot boat, dll

Kapal Ferrocement / Ferosemen

Kapal Ferrocement
Kapal ferro cement adalah kapal yang dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang-tulangnya. Ferosemen ini merupakan campuran semen, air, pasir, kawat jala dan paku – paku baja kecil yang mempunyai sifat mudah dibentuk dengan kekuatan tarik / tekan yang tinggi, dipakai untuk membuat lambung kapal kecil, perahu, tongkang, tangki, dsb. Pemeliharaan hanya disikat dengan air. Meski biaya pembangunannya murah dan mudah namun kapal dengam material semen ini kurang banyak diminati, karena materialnya berat. Sehingga muatannya juga hanya sedikit..

0 Response to "Jenis Kapal Berdasarkan Material yang Digunakan dalam Pembangunannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel