Es Pleret, Kuliner khas Blitar yang Segar, Manis dan Gurih

Es Pleret Khas Blitar
Es pleret merupakan kuliner khas Blitar yang belum banyak dijumpai di daerah lain. Sekilas, kombinasi bahan es pleret mirip dengan es dawet, yakni campuran santan, sirup gula merah (gula kelapa), dan es batu. Tetapi yang membedakannya hanya pada isinya yang berupa makanan bebentuk bola berongga yang disebut pleret. Pleret terbuat dari adonan tepung beras dan tepung kanji. Bentuk pleret umunya berupa bola berongga. Dari rongga itulah kuah maupun sirop es masuk, sehingga saat dikunyah akan menimbulkan sensasi tersendiri. Bagi yang berminat mencicipi kuliner khas Blitar ini bisa datang ke Aloon-aloon Blitar. Di sana banyak kios-kios yang menjajakan es pleret.


Nama unik minuman ini diambil dari cara pembuatannya, yaitu bahan tepung beras yang di pleret atau ditekan di papan bambu. Karena ditekan di bagian bambu yang cekung, isian atau yang disebut pleret ini jadi berbentuk bulat dan sedikit pipih ditengahnya.

Gurihnya pleret ini akan berpadu sempurna dengan kuah santan dan gula jawa yang manis. Jika dibayangkan rasanya, mungkin sekilas mirip es cendol, tapi tekstur pleret yang tidak kenyal dan bentuknya sebesar isian ronde tentu akan memberikan sensasi rasa tersendiri saat diminum bersama kuah santannya. Penasaran ingin tahu rasanya? Kamu bisa coba membuatnya sendiri dirumah.

Pertama siapkan 175 gram tepung beras kualitas bagus, 2 sdm tepung kanji, 175 ml air hangat dan garam untuk bahan membuat pleretnya. Tambahkan air hangat pada tepung beras yang sudah diberi garam, kemudian uleni hingga kalis, taburkan tepung kanji agar tidak lengket ditangan. Kamu juga bisa membuat pleret warna-warni dengan menambahkan pewarna makanan merah muda atau hijau.

Selanjutnya ambil setengah sendok makan adonan, bulatkan sedikit. Nah, agar tetap ada kekhasan pleret saat pembuatannya, kamu bisa menekan adonan bulat tadi ke papan kayu atau telenan di rumah, sebagai pengganti papan bambu seperti pada pembuatan aslinya.

Masukkan pleret ke air mendidih, dan rebus hingga mengapung atau matang. Untuk kuah santannya, rebus santan dengan daun pandan dan sedikit garam. Saat menyajikan, kamu bisa meletakkan beberapa peleret di dalam gelas, beri es dan kuah santan, kemudian tambahkan sirup gula jawa. Seperti di daerah asalnya, es pleret memang biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Minuman segar, manis dan gurih dari blitar ini sudah siap anda sajikan.

1 Response to "Es Pleret, Kuliner khas Blitar yang Segar, Manis dan Gurih"

  1. Wah cocok iki jadi usaha bulan puasa gan,,artikelnya bermanfaat hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel