Jenis Kapal Berdasarkan Daerah Pelayarannya

Notasi Kapal Berdasar Area Pelayarannya
Salah satu item dalam merencanakan sebuah kapal adalah daerah pelayarannya. Hal ini berhubungan dengan penentuan kekuatan konstruksi kapal, stabilitas kapal dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kondisi perairan yang menjadi daerah operasionalnya. Menurut BKI (Badan Klasifikasi Indonesia) berdasarkan area pelayarannya, kapal dibagi menjadi :

Samudera

Kapal samudera adalah kapal yang daerah pelayarannya di perairan laut lepas atau daerah pelayaran samudera bebas tanpa batas. Kapal samuderai ini di desaian konstruksinya mampu melewati berbagai macam perairan karena setiap negara berbeda-beda tingkat ke extriman perairannya. Untuk kapal tipe ini menurut BKI, tidak menggunakan tambahan kode notasi yang berhubungan dengan area pelayaran.

Samudera Terbatas

Di dalam aturan BKI, kapal dengan area pelayaran samudera terbatas dinotasikan dengan kode “ P ”. Daerah pelayaran ini secara umum, adalah pelayaran sepanjang pantai, dengan syarat jarak terdekat ke pelabuhan perlindungan dan jarak dari pantai tidak melebihi 200 mil laut, atau pelayaran di perairan asia tenggara, laut tengah, laut hitam, laut karibia, dan peraiaran lain yang sama kondisinya.

Lokal

Di dalam aturan BKI, kapal dengan area pelayaran Lokal dinotasikan dengan kode “ L ”. Daerah pelayaran ini secara umum, adalah pelayaran samudera terbatas, dengan syarat jarak terdekat ke pelabuhan perlindungan dan jarak dari pantai tidak melebihi 50 mil laut, serta untuk pelayaran dalam laut tertutup, seperti perairan Kepulauan Riau, dan peraiaran lain yang sama kondisinya.

Tenang

Di dalam aturan BKI, kapal dengan area pelayaran Tenang dinotasikan dengan kode “ T ”. Daerah pelayaran ini terbatas pada peraiaran tenang, teluk, pelabuhan atau perairan yang sama dimana tidak terdapat ombak yang besar.

Pedalaman


Di dalam aturan BKI, kapal dengan area pelayaran Pedalaman dinotasikan dengan kode “ D ”. Daerah pelayaran ini berlaku untuk kapal yang hanya digunakan di perairan pedalaman. Perairan pedalaman terdiri dari semua perairan pedalaman Indonesia dan peraiaran lain yang sama kondisinya.

0 Response to "Jenis Kapal Berdasarkan Daerah Pelayarannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel