Es Drop, Legenda Kuliner Segar dari Blitar

Es Drop Blitar
Puasa puasa gini enaknya pasti sesuatu yang seger seger buat berbuka. Salah satu legenda kuliner yang seger seger di Blitar adalah "ES DROP". Apa itu Es drop?

Es ini bentuknya sangat sederhana, es lilin dengan lidi bambu dengan ukuran panjang 15 cm ukuran yang sangat tepat sekali untuk es lilin. Produk ini dijajakan ke mana-mana, melalui penjaja es yang terkenal sangat ramah menyapa pelanggannya setiap hari di setiap sudut kota Blitar. Bahkan sampai ke beberapa kota terdekat.

Keberadaan es drop diketahui sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Pabrik pembuatan es drop pertama kali berdiri pada tahun 1937 yang dikenal dengan nama Es Drop Burung Betet. Sebenarnya pabrik tersebut pada awalnya didirikan oleh pemiliknya sebagai tempat untuk memproduksi rokok, namun karena usaha itu tidak laku, maka kemudian pemiliknya mengganti usahanya dengan usaha pembuatan es drop yang masih bertahan sampai sekarang. Bahkan pabrik es drop tersebut kini sudah dikelola oleh generasi ketiga. Resep yang digunakan pun masih sama sampai sekarang sehingga tidak terlalu pengaruh terhadap perubahan rasa sejak dulu.

Bahan baku utama dari es drop adalah gula jawa dan santan yang dicetak memanjang sekitar 15cm dan ditaruh dengan lidi bambu di tengahnya sebagai alat untuk memegang es drop tersebut saat dimakan. Es tidak dibungkus menggunakan plastik, tetapi menggunakan kertas putih. Bukan hanya konsisten dengan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya saja, tetapi para penjualnya juga tetap menggunakan metode lama sampai sekarang. Mereka masih menggunakan termos berbentuk silinder panjang yang terbuat dari kaca untuk mempertahankan suhu agar es tidak mudah mencair. Es drop bisa bertahan sampai sekitar 12 jam jika disimpan dalam termos tersebut.

Es drop Blitar diproduksi dalam  5 rasa istimewa yaitu : Kacang Hijau, Frambozen, Durian, Coklat dan Puding.

Jika berminat dengan kuliner ini kita tidak perlu repot-repot keliling cari penjualnya. Kita bisa datang langsung ke sentra industrinya di Jl. Anggrek No. 49 Blitar. Di sini kiat bisa beli partai besar lho, jadi bisa sekalian dibuat oleh-oleh. Untuk pembelian es ini di pabriknya jangan takut kalau produk ini bakal meleleh, karena di sana sudah disediakan tempat dari sterofom dengan ukuran 40-75-100.


2 Responses to "Es Drop, Legenda Kuliner Segar dari Blitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel