Dewi Dewi a.k.a Lifeboat Davit

Davit merupakan peralatan pasangan yang berfungsi untuk menurunkan sekoci dari kapal menuju permukaan perairan. Kekuatan dari davit dan operlengkapannya pada kapal harus tersedia factor keamanannya berdasarkan tegangan tarik maksimumnya (ultimate tensile stess) dari material yang digunakan. Perlengkapan seperti block, falls, dan winch juga harus memiliki factor keamanan tertentu. Sehingga davit harus mampu meluncurkan sekoci dengan kondisi kapal mengalami list 15o dengan trim 10o.


Davit diklasifikasikan berdasarkan metode pemindahan sekoci dari posisi penyimpanan sampai pada posisi emberkasi yaitu sebagai berikut :

Gravity davit


Gravity Davit

Gravity davit harus dapat mengayun keluar tanpa menggunakan bantuan dari luar. Davit ini secara umum terdiri dari arm rolling pada jalur tracknya (luncur) atau lengan dengan satu atau lebih rangkaian pivoting. Paralatan ini digunakan untuk berat sekoci dan perlengkapannya dengan berat yang lebih dari 5000 lb dan untuk keperluan tanker pada pelayaran/ penjelajahan internasional tanpa memperhatikan berat dari sekoci. Untuk keperluan embarkasi dan dembarkasi, sebuah tangga diletakkan di depan setelah davit.

Mechanical davit


Mechanical Davit

Pada mechanical davit gerakan mengayun dihasilkan dari gerakan manual dari sebuah pin semacam poros sehingga menghasilkan gerak semacam engsel yang dioperasikan dengan screw, gear, atau peralatan mekanik lainnya. Sedangkan pivot dari davit hanya digunakan sebagai jalur pengangkatan sekoci yang ditarik oleh winch brakehandle setelah sekoci berada pada posisi embarkasi. Berbagai jenis mekanikal davit seperti crescent dan pivot, dimana sekoci diayunkan pada curve arm dan peletakkannya relative lebih tinggi sehingga memberikan tambahan perlindungan pada boat untuk melawan kerusakan pada saat dilepaskan kepermukaan perairan hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan jenis mechanical davit yang lainnya.

Sedangkan type yang lainnya ialah straight boom type, yang terletakkan melebihi pada bagian akhir dari dari sekoci sehingga sekoci dapat berayun diantara davit. Winch dan tangga embarkasi - embarkasi terletak tepat didepan setelah davit.

Radial davit 

Radial Davit

Untuk jenis radial davit bentuk atasnya melengkung terbuat dari besi cor yang berongga yang berputar mengelilingi porosnya sendiri, jarak tiang davit satu sama lainya lebih pendek dari panjang sekoci sehingga untuk menggerakkan sekoci harus digerakkan secara miring bergantian atau zig-zag atau dengan kata lain dapat diputar secara terpisah untuk mengubah posisi sekoci agar siap untuk diluncurkan. Jenis ini biasanya digunakan pada kapal yang relative lebih kecil dan juga digunakan untuk menangani jenis sekoci yang kecil atau untuk sekoci kerja., karena tidak memerlukan waktu yang tergesa-gesa.

Free fall davit

Free Fall Davit

Untuk jenis ini davit selalu dalam posisi stasioner/statis dan sekoci terletak pada posisi miring membentuk sudut inclinasi tertentu agar dapat meluncur dengan baik dan sejauh mungkin terbebas dari kapal. Peralatan ini terletak pada bagian buritan kapal dengan pertimbangan peluncurannya kearah belakang. Merode peluncuran sekoci ada yang menggunakan bantuan wuinch ada yang hanya menggunakan bantuan stopper.

0 Response to "Dewi Dewi a.k.a Lifeboat Davit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel