Mengenal Stasiun Wlingi

Stasiun Wlingi


Stasiun Wlingi (WG) adalah stasiun kereta api kelas I yang berada di Beru, Wlingi, Blitar, tepatnya pada jalan dekat kantor pos kecamatan Wlingi.


Stasiun yang terletak pada ketinggian +274 meter ini merupakan stasiun yang letaknya paling barat dan selatan di Daerah Operasi VIII Surabaya lintas Bangil-Kertosono. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar dan satu-satunya yang melayani kereta api jarak jauh kelas komersial di Kabupaten Blitar. Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus dan jalur 3 yang sering digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan kereta api yang rangkaiannya cukup panjang. Saat ini semua kereta api yang melintasi jalur Malang-Blitar berhenti di stasiun ini untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Sejarah Stasiun Wlingi

Bangunan Stasiun Wlingi ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda, yang pembangunannya bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api Blitar-Wlingi-Kepanjen-Malang sepanjang 74 kilometer. Pengerjaan jalur kereta api ini dilakukan oleh Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api milik Pemerintah Hindia Belanda, yang dimulai pada tahun 1896, dan selesai pada tahun 1897.

Proyek jalur kereta api Blitar-Wlingi-Kepanjen-Malang ini merupakan bagian dari proyek besar jalur kereta api jalur Timur jilid 2 (Oosterlijnen-2). Pengerjaan proyek jalur kereta api ini dilaksanakan dua arah. Setelah jalur rel Kediri-Tulungagung-Blitar selesai pada tahun 1884, maka dilanjutkan pembangunan jalur rel Blitar-Wlingi sepanjang 19 kilometer yang diresmikan pada 10 Januari 1896 dan Wlingi-Kepanjen sepanjang 36 kilometer yang diresmikan pada 30 Januari 1897. Sedangkan yang dari arah utara, jalur kereta api Malang-Kepanjen sepanjang 19 kilometer sudah terselesaikan pada tahun 1896.

0 Response to "Mengenal Stasiun Wlingi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel