Uceng, si Ikan Imut yang Menjadi Kuliner Khas Blitar

Lalapan Uceng, Kuliner Khas Blitar
Uceng sudah dikenal secara luas sebagai kuliner khas Blitar. Jika kita berkunjung ke daerah Blitar, akan banyak kita jumpai rumah makan yang menjual olahan Uceng, terutama di daerah Blitar Timur, di sekitar Garum hingga Wlingi. Uceng selain biasa dimakan sebagai snack, biasanya juga disajikan sebagi menu pendamping makan besar. Uceng biasa disajikan bersama nasi dan sayur lodeh. Untuk rasa tak perlu diragukan lagi, gurih dan krispinya benar-benar khas.
Ikan Uceng
Uceng (nama latin Nemachilus fasciatus) mempunyai ukuran tubuh yang kecil, gilig memanjang, panjangnya mencapai 74 mm dan mempunyai garis vertical di seluruh badannya. Untuk mendapatkan ikan ini biasanya dengan cara dijaring ataupun menggunakan perangkap yang dipasang di bawah aliran sungai. Habitatnya yang berupa bebatuan hingga perairan berkerikil menyebabkan ikan ini mudah untuk bersembunyi dan sangat susah ditangkap. Menurut Brown, (1975) dalam Kottelat et al., (1993), ikan uceng memiliki badan memanjang, ditemukan pada perairan dengan kandungan oksigen terlarut tinggi, hidup di tepi sungai pada bagian dangkal dan dasar sungai batu, kerikil dan pasir.
Rempeyek Uceng

Uceng disajikan dengan cara digoreng kering dengan tepung ditambah sambal dan disajikan dengan nasi panas beserta lalapan. Selain itu ada juga yang diolah menjadi sayur uceng, rempeyek uceng dan juga bothok uceng. Pecinta kuliner juga bisa membawa oleh-oleh berupa uceng goreng dalam plastik yang sudah dikemas dalam bungkus.

Kripik Uceng Kripik Uceng
Referensi beberapa rumah makan yang menjual olahan Uceng :
  • Warung Uceng Sukaria “Joyo Mulyo”, Jl. Cokropati 20, Babadan, Wlingi, Blitar, Telp. 0342-691005. Kabarnya merupakan pioneer rumah makan yang menjual olahan uceng di Blitar.
  • Warung Barokah Pak Sabar, Jl. Semeru No. 24, Babadan, Wlingi, Blitar, Telp. 0342-693960
  • Depot Anda “ Uceng”, Jl. Raya Bence, Bence, Garum, Blitar, Telp. 0342-561228
  • Depot Anda “Uceng” 2 Cab. Garum, Jl. Kusuma Bangsa, Kanigoro, Blitar

Kalo sedang berada di Blitar, sempatkan untuk mencoba Wisata kuliner khas Blitar ini.

1 Response to "Uceng, si Ikan Imut yang Menjadi Kuliner Khas Blitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel