Kebon Rojo, Alternatif Liburan Murah di Kota Blitar

Kebon-Rodjo 1
Kebon Rojo

Kebon Rojo sebagai alternative liburan murah di Kota Blitar adalah salah satu taman terbuka hijau di Kota Blitar yang beralamat di Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.  Kebon Rojo merupakan kompleks Rumah Kantor Walikota Blitar yang dapat diakses oleh masyarakat umum atau wisatawan secara gratis. Hanya bermodalkan uang parkir kendaraan bagi yang datang kesini menggunakan kendaraan.
Peta Lokasi Kebon Rojo :


 


Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keberadaan taman kota di Blitar sudah ada pada tahun 1890. Pada awalnya area Kebon Rojo ini dimiliki oleh para pemilik modal dari Belanda yang membuka perkebunan kopi dan pabrik gula di Blitar serta difungsikan sebagai laboratorium tanaman unggulan, tempat rekreasi bagi warga Belanda dan warga Blitar. Perkembangan Kebon Rojo pada masa Hindia-Belanda Tahun 1890-1942 terlihat rindang dan bersih namun pada masa Pendudukan Jepang Tahun 1942-1945 mengalami penurunan dalam segi kualitas tumbuhan karena pada masa ini digunakan sebagai tempat militer. Perkembangan Kebon Rojo pada masa Orde Lama dan Orde Baru Tahun 1945-1998 mengalami penyempitan, terkesan kurang terawat dan digunakan untuk wisata malam bagi kaum hidung belang. Perkembangan Kebon Rojo pada Masa Reformasi Tahun 1998-2013 sewaktu dipimpin oleh Djarot Saiful Hidayat, disinilah Kebon Rojo mulai di fungsikan sebagai ruang terbuka hijau di mulai dari pemberian pagar besi di sekeliling Kebon Rojo dan pendirian Tugu Satu Abad Bung Karno kemudian dilanjutkan oleh Samanhudi Anwar dan pada masa kepemimpinan beliaulah Kebon Rojo digunakan sebagai taman bermain dan edukasi.

Di area kebon Rojo terdapat beberapa jenis hewan yang sengaja dipelihara seperti burung dara, kambing, rusa, monyet dan burung merak. Disini kita bisa memberi makan kepada hewan hewan itu. Selain itu di Kebon Rojo juga tersedia fasilitas taman bermain anak-anak baik yang gratis karena disediakan oleh phak pengelola ataupun berbayar karena disediakan oleh mayarakat yang mencari pengahsilan di lokasi tersebut. Terdapat pula tempat bersantai, patung hewan dan beberapa lokasi yang bagus untuk befoto bersama keluarga maupun teman anda. Di tengah kawasan Kebon Rojo juga terdapat air mancur dan berbagai jenis tanaman langka yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Di sisni juga sudah tersedia toilet umum yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Untuk wisatawan muslim yang ingin menjalankan sholat disebelah taman juga ada Masjid Syuhadak Haji. Maka tak heran sehingga setiap akhir pecan atau waktu libur nasional tempat ini selalu ramai. 

Foto dengan Patung Binatang

Kandang Monyet di Kebon Rojo
Kandang Monyet di Kebon Rojo
Air Mancur
Anak Anak Bermain Motor Mini
Kandang Rusa


Memberi Makan Rusa

1 Response to "Kebon Rojo, Alternatif Liburan Murah di Kota Blitar"

  1. Wow, What a Excellent post. I really found this to much informatics. It is what i was searching for.I would like to suggest you that please keep sharing such type of info.Thanks link alternatif dewapoker

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel