Taman Idaman Hati, Salah Satu Ikon Kota Wlingi



Taman Idaman Hati, Wlingi

Ruang Terbuka Hijau Kota Wlingi atau lebih dikenal Taman Idaman Hati merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Hutan Kota Wlingi berdasarkan SK Bupati Blitar No. 374 tanggal 6 Agustus 2007. Taman ini terletak di Jl. Bromo, Kelurahan Beru,Kecamatan Wlingi, Kab Blitar, berjarak sekitar 20 km dari Kota Blitar. Rute menuju Taman Idaman Hati sangat simple, dari Kota Blitar anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan menuju Malang. Sampai di pertigaan Tugu Garuda Wlingi belok ke kiri. Taman Idaman Hati terletak di kanan jalan dengan landmarknya yang cukup mentereng. Kalau dari Pasar Wlingi ke arah selatan sebelah kiri jalan. Atau kalau masih bingung bisa mengikuti peta ini:


Untuk masuk ke area Taman Idaman Hati ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Taman Idaman Hati ini buka mulai dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Pada hari hari tertentu, seperti pada peryaan tahun baru taman ini buka sampai malam pergantian tahun.

Hutan Kota
Taman Idaman Hati ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu hutan kota dan taman kota. Tempat ini merupakan salah satu ikon Wlingi dan menjadi destinasi wisata alternative jika berkunjung di kota Blitar. Tempat ini akan ramai dikunjungi apabila hari libur, biasanya orang yang berkunjung akan menggunakan sebagai tempat olahraga pagi, bermain, piknik, dan sekedar menikmati udara segar. Apabila hari Minggu pagi, jalan di depan tempat ini akan digunakan sebagai car free day.

Sesuai fungsinya sebagai ruang terbuka hijau, di taman ini terdapat berbagai jenis tanaman, seperti Akasia Daun Besar, Alamanda, Sono Kembang, Suko, Beringin, Bougenvile, Bunga Sepatau, Cemara, Flamboyan, Embilina, Glodokan, Glodokan Tiang, Jambu Hutan, Jati Merak, Juwar, Kakau, Keben, Kembang Merak, Kenanga, Ketapang Laut, Mahoni, Mangga, Melinjo, Pelem Rojo, Penesoum, Penitian Pangkas Kuning, Kayu Manis, Kayu Putih, Puring Glatik, Sawo Manilo, Teh-tehan Pangkas, Jambu Jamaika, Kepel, Pucuk Merah, Trembesi, Juwet. Untuk memudahkan pengunjung mengenali jenis tanaman-tanaman, pada masing-masing tanaman sudah diberi keterangan nama tanamannya. Jadi meskipun siang hari yang terik, tempat ini tetap sejuk dan nyaman untuk liburan dengan keluaraga, dikarenakan banyaknya pepohonan yang rindang.

Spot Foto Favorit Pengunjung
Selain suasananya yang sejuk dan segar, Taman Idaman Hati juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang cukup luas, berbagai jenis wahana permainan anak, Persewaan Mainan Anak (Odong - Odong, Motor mini, dll), gazebo,  musholla, toilet, dan tidak ketinggalan pedagang yang menjajakan minuman dan makanan ringan di sekitar taman. Kesemuanya ditata dengan apik sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengunjung. Sedikit ke belakang juga terdapat tugu yang  dikelilingi oleh kolam lengkap dengan air mancur dan taman yang indah. Lokasi ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengambil foto.

Anak - Anak Bermain Motor Mini
Untuk anda yang menyukai tantangan, ditaman ini juga telah tersedia permainan flying fox yang akan melatih keberanian dan memberi pengalaman meluncur dari ketinggian dengan menggunakn sling baja. Masalah keamanan juga sudah diperhatikan, karena sebelum meluncur kita sudah dilengkapi dengan peralatan keselamatan. Selain itu kita juga didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.
Flying Fox
Sesuai namanya “Idaman Hati”, mari bersama-sama kita jaga kelestaraian taman ini agar tetap menjadi idaman warga Blitar dan sekitarnya.

0 Response to "Taman Idaman Hati, Salah Satu Ikon Kota Wlingi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel