Pecel Blitar, Rasa Pedas dan Aroma Kencur dan Jeruk yang Khas

Nasi Pecel
Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makana ini sangat popular di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di beberapa tempat akakn banyak kita temui warung warung yang menjual pecel dengan banner “pecel khas madiun”, “pecel khas Kediri” , “pecel khas Blitar”. Memang daerah daerah tersebut terkenal dengan kuliner pecelnya yang enak.

Terus apa yang membedakan Pecel Blitar dengan Pecel dari daerah lain ?

Ciri khas nasi pecel khas Blitar adalah rasa sambalnya yang pedas dan aroma kencur serta aroma jeruk purutnya, karena dibuat dengan bahan dan ukuran yang pas. Selain itu tekstur kacangnya yang agak kasar dibanding pecel dari daerah lain. Selain itu untuk sayurnya biasanya selain kacang panjang dan kecambah, jugamenggunakan sayuran yang berasa lebih tajam, seperti daun singkong, daun papaya, dan daun kenikir. Oleh karena itu Sambel Pecel Blitar mempunyai cita rasa yang khas.

Jika kita berkunjung ke Blitar, ada beberapa warung pecel yang cukup terkenal. Sepereti Warung Pecel “MBOK BARI” yang berada di sekitaran makam Bung Karno. Warung Pecel “ BU TEDJO” di daerah Kepanjen Kidul, Kota Blitar, dll.

Jika kita ingin membuat sendiri di rumah, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan, yaitu :

1. 2 kg Kacang tanah
2. 6 ons Cabai merah
3. 5 lembar Daun Jeruk Purut
4. 1 kg 2 ons gula merah
5. 5 biji kencur
6. Garam secukupnya
7. 10 suing bawang putih
8. 250 ml minyak goreng
9.  3 bungkul asam

Sangrai kacang tanah tanpa minyak, dengan wajan tebal atau wajan dari tanah, sampai matang atau kecoklatan, kemudian buang kulit arinya, dan tumbuk kasar (bisa juga menggunakan mesin giling manual), sisihkan. Tumbuk halus dan sangrai tanpa minyak biar lebih wangi Kencur, Bawang putih, cabai merah,  Daun jeruk purut, (cabe rawit bila pakai untuk menambah rasa pedas), Campur gula merah, gula putih, garam, dan asam uleni sampai rata. Campur bumbu halus dan kacang  aduk sampai rata betul. Kemudian ditumbuk atau digiling ulang supaya lebih rata dan keluar minyak. Bumbu pecel siap digunakan. Jika digunakan ambil beberapa sendok campur sedikit air panas aduk rata, siramkan ke sayur-sayur pecel.

0 Response to "Pecel Blitar, Rasa Pedas dan Aroma Kencur dan Jeruk yang Khas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel